Selasa, 29 Agustus 2017

Manfaat Obat Epilepsi Untuk Pasien Alzheimer

Diketahui bahwa pasien Alzheimer berisiko tinggi terkena epilepsi. Namun, kebanyakan pasien tidak mengalami kelumpuhan dengan gejala spesifik.

Inilah yang memimpin tim di Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC) di Harvard Medical School untuk memeriksa pengobatan antiparalisis untuk melihat pengaruhnya terhadap aktivitas otak penderita Alzheimer.

Hasilnya menunjukkan bahwa obat epilepsi yang umum digunakan dapat menormalkan gangguan aktivitas otak pada pasien Alzheimer. Studi tersebut meneliti sebuah obat yang disebut levetiracetam (LEV) seperti dilansir sehat itu aku Science Alert.

Obat ini biasa digunakan untuk mengobati kelumpuhan pada penderita epilepsi. Sebelumnya, tes dilakukan pada tikus yang terkena Alzheimer dan menunjukkan hasil positif. Aktivitas otak menjadi normal, dan bahkan mengembalikan beberapa defisit kognitifnya.

Tim yang dipimpin oleh ahli saraf Daniel Z. Press dari BIDMC mengukur efek dari dosis LEV pada tujuh pasien yang didiagnosis dengan Alzheimer. Semua pasien menerima total tiga suntikan. Sebelum dan sesudah penyuntikan, pasien menerima electroencephalography (EEG), yang mampu mendeteksi aktivitas otak meski tidak ada gejala kelumpuhan.

Pasien juga melakukan tes kognitif standar untuk mengukur berbagai kemampuan otak yang menyerang Alzheimer seperti memori, kemampuan bahasa, dan fungsi peraturan. Hasilnya menunjukkan bahwa pasien yang menerima LEV pada dosis tinggi dapat mengurangi kelainan aktivitas otak yang muncul pada pasien Alzheimer. Namun, tidak ada peningkatan dalam skor tes kognitif yang ditemukan pada pasien.

Meski hanya sedikit penelitian dengan segala keterbatasannya termasuk kelompok kontrol, efek dari perawatan ini nampak menjanjikan. Periset sekarang merasa perlu penelitian lebih lanjut untuk lebih menyelidiki potensi pengobatan LEV pada pasien Alzheimer.
Lihat juga: Temuan baru diagnosis dini Alzheimer dengan selai kacang

"Itu tidak menunjukkan peningkatan fungsi kognitif setelah satu dosis penggunaan obat dalam penelitian ini, terlalu dini untuk menggunakan obat ini secara ekstensif, namun kami sedang mempersiapkan penelitian yang lebih besar dan lebih lama," kata carakuhidupsehat.com Press (10 / 7).

Periset telah bekerja keras untuk menemukan obat untuk penyakit ini. Tahun lalu, tim lain menemukan sesuatu yang menjanjikan dalam percobaan awal untuk obat yang membersihkan racun protein yang muncul di otak. Terapi ini masih dipelajari dalam sebuah studi besar. Hasil penelitian tersebut diharapkan akan diumumkan pada 2020.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar